Minggu, 25 Desember 2011

Membuat Toko Online dengan Opencart

Dapet tugas kuliah bikin Toko Online, hmm sempet bingung juga sih.. gimana cara buatnya, akhirnya setelah googling sana sini kuputuskan deh pake CMS Open Sources nya OpenCart, selain tampilan depannya (Front End) gak jelek-jelek banget, fitur halaman administrasinya (Back End) yang menurut saya sangat power full banget, mulai dari list pemesan, penjualan, produk sampai laporan penjualan dan faktur yang bisa diprint. Selain itu OpenCart mengijinkan para penggunanya apabila ingin menghilangkan tulisan copyright nya, asalkan tentu saja pihak opencart akan sangat senang sekali jika para penggunanya mau memberikan sedikit donasi.
Meski awalnya hanya sebatas tugas kuliah iseng-iseng muncul ide gimana kalo misalkan diterapkan beneran buat bikin toko online di internet. Alhasil lahirlah http://gubuklinux.com sebuah toko online buatan anak bangsa, hehehe... berikut ini screenshutnya..

Proses membuatnya kalau menurut saya cukup mudah, pertama-tama download master webstore dari situsnya opencart sebelumnya jangan lupa untuk menginstal server offline di PC/laptop karena nantinya webstore ini sebelum kita upload diserver online (bahasa gaulnya Hosting) akan dijalankan di localhost pc/laptop, saya menggunakan xammp jika belum punya silahkan bisa download disini .

Jika webstore sudah terinstall di server offline, kita tinggal menambahkan modul-modulnya yang bisa kita dapat di mbah google atau di forum opencart yang tersedia disitus opencart.

Atau kalau mau dapet yang instan, temen-temen bisa download disini. ini merupakan Toko Online Buatan saya, silahkan di download dan digunakan jika temen-temen berminat, disitu juga saya ikut sertakan bagaimana caranya melakukan instalasi, jadi setelah diinstal temen-temen hanya tinggal edit produk dan banner aja, kok baik bangeett, hehehe kalo menurut saya, ilmu pengetahuan itu untuk dishare, lagian bangga juga kalo misalkan hasil karya kita di pakai oleh banyak orang. Jika temen-temen mengalami kesulitan silahkan bisa menghubungi saya.

Selamat membuat toko online dan berbisnis.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes